Kategori
Tanaman Pangan

Sawi-sawian: Seperti Apa Itu dan Bagaimana Menanamnya?

Brassica rapa

sayur pakcoy —

Sawi-sawian adalah sayuran yang memiliki banyak anggota keluarga dan memiliki rasa segar yang unik—khas daerah Timur. Selain ditumbuhkan hingga usia dewasa, sawi-sawian juga bisa dinikmati sebagai microgreens dan baby greens, atau sayuran daun berusia muda dan remaja.

Sayuran daun yang paling banyak dikonsumsi di masakan Asia ini dapat dinikmati mentah, setengah matang, ataupun matang. Ditumis, dikukus, direbus pun sama enaknya.

Varietas

1. Caisim / Caisin / Sawi Bakso

Brassica rapa var. parachinensis

2. Sawi Putih / Petsai / Napa Cabbage

Brassica rapa var. pekinensis

3. Sawi Sendok / Pak Choi / Bok Choi

Brassica rapa var. chinensis

4. Sawi Pagoda / Tatsoi

Brassica rapa var. narinosa

dan masih banyak lagi…

Cara Menanam

Semai di modul semai menggunakan rockwool, atau bisa juga dengan sekam bakar yang dicampur dengan cocopeat dan siram larutan nutrisi dengan EC 0.5 – 0.8. Taruh di tempat yang lembap dan terkena cahaya yang baik. Tunggu sampai mengeluarkan 4 daun sejati, baru pindah tanam ke sistem hidroponik yang kamu miliki. Tingkatkan kepekatan larutan nutrisinya secara bertahap sesuai usianya. Sawi dapat tumbuh dengan baik di kisaran EC 1.5 – 2 (PPM 1050 – 1400).

Lingkungan

Sawi-sawian suka di tempat yang cahayanya penuh, dan hangat. Bisa ditanam di tempat yang panas, asal kelembapannya dijaga.

Jarak Tanam

Tergantung kamu ingin menumbuhkannya menjadi sawi berukuran besar, atau dipanen muda dan remaja. Perkiraannya antara 3-30 cm.

Baca juga:   Kangkung: Seperti Apa Itu dan Bagaimana Menanamnya?

Produktivitas

Sawi-sawian lebih cocok dipanen seluruhnya daripada sebagian-sebagian atau hanya dipetik daunnya sesuai kebutuhan. Karena usianya juga tidak lama, dan kalau terlalu tua, kerenyahannya akan menurun.

Potensi Masalah

Seperti keluarga Brassica lainnya, sawi-sawian juga tidak lepas dari masalah hama seperti aphid atau kutu kebul, kutu daun, ulat penggerek daun, ngengat kubis, siput, ulat bulu, dan jamur penyebab akar gada. Gunakan pestisida alami seperti neem oil atau minyak mimba, atau larutan pestisida bawang putih dan sabun cuci piring.

Panen

Petik seluruhnya sesuai dengan ukuran yang kamu kehendaki.

Tips

  • Jika ditanam di tempat yang sejuk / agak dingin, sawi-sawian akan cepat berbunga.
  • Kalau tempat menanamnya terlalu panas dan cahayanya terlalu kuat akan menyebabkan rasa daunnya menjadi pahit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *