Kategori
Tanaman Hias

6 Jenis Tanaman Hias untuk Ruangan Minim Cahaya

Kondisi ruangan yang minim cahaya adalah tantangan cukup besar. Eits, jangan khawatir. Kamu tetap bisa menanam beberapa tanaman hias yang sesuai dengan kondisi ini.

Kondisi ruangan yang minim cahaya adalah tantangan cukup besar bagi pekebun dalam ruangan. Bahkan tanaman luar ruangan yang bisa tumbuh di tempat yang ternaungi pun butuh cahaya yang lebih banyak jika ia dipindahkan ke dalam ruangan. Dan kondisi ini cukup sulit ditangani kecuali kamu menambahkan cahaya tambahan.

Tapi kamu tidak perlu khawatir karena ada ada beberapa tanaman yang bisa tumbuh subur di ruangan yang minim cahaya sekalipun.

Tips Menanam Tanaman Hias Low-Light

Tanaman hias bisa tumbuh dengan baik di ruangan dengan jendela yang menghadap arah timur atau barat, sekalipun tidak mendapatkan cahaya matahari terbit secara langsung. Tetapi untuk ruangan yang tidak punya jendela atau hanya punya satu jendela yang menghadap ke arah utara akan cukup menyulitkan bahkan bagi tanaman yang bisa tumbuh di tempat ternaungi sekalipun. Disini kamu bisa membantu tanamanmu tumbuh sehat dengan menambahkan cahaya buatan menggunakan lampu tanam 4-6 jam setiap hari.

Baca juga: Ep. 10 – Tanaman Hias untuk Ruangan Minim Cahaya

Ada 6 tanaman hias rekomendasi Alfa yang bisa kamu tanam di ruangan minim cahaya, sekalipun ruanganmu tidak mendapatkan cahaya matahari langsung:

Bambu Hias / Lucky Bamboo

Nama Botani: Dracaena sanderiana

tanaman hias: bambu air

Tanaman yang masuk ke genus Dracaena ini adalah salah satu tanaman hias yang populer. Walaupun namanya bambu, tapi dia tidak termasuk ke keluarga bambu sama sekali, walaupun tunas daun nya mirip dengan daun bambu.

Pada umumnya ia ditanam di air, dan hanya memerlukan perawatan yang sangat minim. Ia sering dijadikan hiasan di kantor, meja kerja, tempat-tempat usaha dan di rumah. Jika kamu tertarik pada feng shui, tentunya kamu tahu kalau tanaman ini adalah salah satu elemen penting dalam praktiknya, karena ia dipercaya bisa membawa keberuntungan dan kesuksesan, terutama kalau ia dijadikan hadiah.

Tanaman ini menyukai sedikit cahaya, dan dia pun tidak rewel jika diletakkan di tempat yang ternaungi. Selain itu, tanaman ini tidak mudah mati, kecuali kamu lupa menambahkan air ketika sudah lama habis. Pada dasarnya, dia tidak mudah mati.

Sirih Gading / Golden Pothos

Nama Botani: Epipremnum aureum

tanaman hias: pothos / sirih gading

Sirih gading adalah tanaman hias yang sangat populer, karena ia bisa tumbuh subur bahkan di tempat-tempat yang tidak lazim, termasuk di tempat yang sangat ternaungi dan kekurangan air. Kalau kamu mencari tanaman hias yang mudah ditanam di ruangan minim cahaya, cobalah menanam sirih gading.

Penampilan dan coraknya yang atraktif, daya tahannya yang baik, dan tanaman rambat yang mudah ditanam dengan daun yang lembut dan berbentuk seperti hati menjadikannya primadona di kalangan pecinta tanaman hias. Selain itu, tanaman ini juga masuk ke peringkat 10 teratas tanaman yang berfungsi sebagai pembersih udara versi NASA.

Spider Plant

Nama Botani: Chlorophytum comosum

tanaman hias: spider plant

Tanaman yang memiliki bentuk daun memanjang dengan garis-garis terang ini dianggap sebagai tanaman yang sangat mudah beradaptasi dan termudah untuk ditanam. Dia disebut spider plant karena anakannya yang menggantung seperti laba-laba dari induknya. Dia bisa mudah ditemui dengan variasi warna hijau-putih dan variegata. Dia pun bisa ditanam sebagai tanaman gantung atau menjuntai, di dalam keranjang maupun pot. Kamu pun bisa menambahkan lampu tanam untuk meningkatkan pertumbuhannya di ruangan minim cahaya.

Kelompok Dracaena

Nama Botani: Dracaena fragrans, Dracaena marginata, Dracaena draco, dan lainnya.

tanaman hias: kelompok dracaena

Tanaman di genus Dracaena sering ditanam di rumah, kantor, apartemen, pusat perbelanjaan dan dekorasi lansekap. Di dalamnya ada sekitar 40 spesies dan ratusan kultivar dalam berbagai ukuran dan bentuk—dan semuanya cocok ditanam di ruangan minim cahaya. Mereka memiliki batang yang mirip tebu yang berbuku-buku, dan biasanya berbentuk semak atau pohon kecil.

Tanaman Zebra / Bromeliad

Nama Botani: Aechmea fasciata, Aechmea chantinii

tanaman hias: bromelia
Tanaman favoritnya Alfa

Keluarga Bromeliad sebenarnya bukan termasuk tanaman hias yang mudah ditanam, tetapi genus Aechmea memiliki beberapa spesies yang bisa tumbuh subur di ruangan minim cahaya. Aechmeas biasanya dijual saat sudah berbunga, dan mereka akan mekar dan mempertahankan bentuknya selama berbulan-bulan dalam kondisi cahaya redup atau cahaya buatan. Aechmeas yang paling umum adalah guci (A. fasciata) atau zebra Amazon (A. chantinii).

Lidah Mertua / Snake Plant

Nama Botani: Sansevieria trifasciata

tanaman hias: sansivieria / lidah mertua
Favoritnya Oliver, nih!

Spesies Sansevieria termasuk salah satu spesies tanaman minim cahaya yang terbaik. Mereka punya penampilan yang mencolok, dan sangat mudah ditanam. Lidah mertua sendiri adalah salah satu tanaman yang direkomendasikan oleh NASA sebagai pembersih udara. Lokasi optimal untuk menumbuhkan tanaman dengan harga terjangkau dan perawatan yang mudah ini adalah di kamar tidur dan kamar mandi, karena ia bisa mengubah karbondioksida menjadi oksigen yang menyegarkan di malam hari. Dia sendiri termasuk tanaman yang berusia panjang dan bisa bertahan hidup selama beberapa dekade.

Jadi, kamu sudah tahu akan mencoba menanam tanaman hias yang mana? Selamat menanam, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *