Kategori
Komik

Ep. 05 – Valentine dan Mawar Potong

Nasib mawar potong itu menyediahkan karena mereka dipetik saat masih muda. Selain itu, dengan membeli mawar potong yang ditanam sangat jauh dari tempat tinggalmu, otomatis jejak karbonmu pun semakin besar.

Episode 5 Komik Mari Menanam
Zahra: “Alfaaaa, gue pesen apple pie and cafe latte extra hot, yaaa!”

Alfa: “Sonoh bilang sama barista, bukan ke gue! Lagi sibuk nih!”

“Eh, lo bawa apaan itu? Mawar ya? Beli dimana?”
Zahra: “Tadi gue mampir ke tokonya bu Riri. Lihat yang ini cakep banget, ya gue bawa pulang deh!”

Alfa: “Yaelah, Ra… Lo tau nggak sih kalo tiap tahun tuh ada 250 juta mawar potong yang dibuang sia-sia cuma untuk Valentine’s Day?”

Zahra: “Ah seriusan lo???”
Mawar potong dipetik sewaktu masih kuncup

Nasib mawar potong itu menyedihkan, karena mereka dipotong waktu masih kuncup, dari tempat yang sangat jauh.

Kenapa? Karena proses pasca-panen sampe ke tangan pembeli itu sangat panjang, sedangkan usianya saat mekar itu sangat pendek. Untuk menghindari layu, makanya dipanen saat masih kuncup.
250 Juta Kuntum Mawar Diproduksi Khusus untuk Hari Valentine

Bayangkan, hanya untuk 1 hari yang spesial itu saja sudah menambahkan emisi karbondioksida sebanyak 360.000 ton metrik ke udara, hanya untuk transportasinya saja.

Jumlah emisi yang sangat fantastis untuk sesuatu yang hanya akan bertahan sekitar seminggu!
Padma: “Hmmm, iya juga sih. Ya, namanya juga komoditas musiman...”

Zahra: “Hiks! Kalo gitu gimana, dooong? Kan gue pengen lihat bunga yang cantik-cantik...”
Alfa: “Nanem pohon mawar sendiri aja, lah... Ntar gue ajarin, tapi lo beli disini, ya!”

Zahra: “Ah dasar lo jago dagang bener, dah! Nih, gue bayar!”

“Padmaaaa, ntar ajarin gue nanem ini ya!”
ep 5 008 —

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *