Kategori
Komik

Ep. 09 – Merawat Bibit Agar Tumbuh Sehat dan Kokoh

Menumbuhkan benih sampai jadi bibit yang sehat dan kokoh itu perlu trik khusus, lho. Yuk belajar bareng Padma dan Zahra biar kamu makin jago berkebun!

Episode 9 Komik Mari Menanam
Zahra: Karena gue mesti ngulangin nyemai dan gak bikin dosa lagi,

gimana biar semaian gue tumbuh sehat dan kuat?

Padma: *tertawa kecil sambil menutup mulut*

Padma: Nah, aku punya tips tambahan ni, ra...

Zahra: Wih, asik! Sekalian gue catet di jurnal berkebun gue ya!
Judul:
Pahami proses tumbuh tanaman dari benih hingga berkecambah

Teks:
Perkecambahan benih dimulai dari keluarnya akar, baru disusul oleh batang lalu daun. Dua daun yang keluar pertama kali sebenarnya bukan daun sejati, melainkan kotiledon, yaitu bagian dari benih atau embrio tanaman. 

Selama proses ini, benih tidak membutuhkan tambahan pupuk, ya. Dia masih punya cadangan makanan yang cukup hingga menumbuhkan daun sejati, yaitu daun yang tumbuh setelah kotiledon.
Judul:
Kapan Bibit Mulai Diberi Tambahan Pupuk?

Teks:
Karena kotiledon memiliki sisa cadangan makanan yang tersimpan di benih, ia akan bertanggung jawab memberi makan semaian sampai daun sejati muncul, dan tanaman tersebut bisa mulai berfotosintesis.

Biasanya, kotiledon akan menghilang beberapa saat setelah daun sejati muncul. Pada saat inilah tanaman mulai membutuhkan tambahan makanan atau pupuk, agar tumbuh maksimal.
Judul:
Cara Memilih Pupuk yang Sesuai

Teks:
Semaian baru biasanya perlu pupuk yang kaya akan Fosfor (unsur P), karena mineral ini menstimulasi pertumbuhan akar, dan juga salah satu komponen utama yang diperlukan dalam proses fotosintesis.

Gunakan pupuk NPK yang memiliki rasio 1-2-1 di labelnya. Dan kalau bisa, carilah yang berbentuk cair atau serbuk yang bisa diencerkan dengan air, agar lebih mudah dan cepat diserap oleh tanaman.
Judul:
Cari Tahu Apakah Makanan Semaianmu Sudah Tercukupi

Teks:
Kamu bisa bereksperimen dengan mencoba mengaplikasikan rasio pupuk yang tepat dan mengatur periode pengaplikasiannya. Jangan lupa catat dan cermati apa yang terjadi pada masing-masing tanaman.

Fokuskan pada pertumbuhan akar dan batang yang kuat dan sehat terlebih dulu. Jika mereka sehat, maka daun akan tumbuh dengan lebat juga nantinya.
Padma: Segitu aja dulu tips aku, ra. Udah dicatet, kan?

Zahra: Yoossh! Udah dooongg…

Padma: Semoga sukses abis ini dan seterusnya!

Zahra: Padma baik banget deh! Ga kayak Alfa!

Alfa: Ha?
Zahra: “Supaya semaianmu tumbuh sehat dan kokoh...”

Padma: “...temenanem harus paham fase tumbuh dan kebutuhan makannya!”

Dukung kami di karya karsa, dan yuk, mari menyemai!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *