Kategori
Komik

Ep. 06 – Menanam Sayuran di Pot atau Wadah

Temenanem mau mencoba menanam sayuran di pot? Padma bakalan bagiin tips biar nanemnya sukses 🪴🍅

Episode 6 Komik Mari Menanam

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika menanam sayuran di pot / wadah
Zahra: “Ma, ini kan gue baru aja pindah rumah. Gue mau nyoba nanem sayuran pake pot. Lo punya tips jitu, nggak?”

Padma: “Hmm, tips jitu ya… Kamu mau nanem apa aja, ra?”

Zahra: “Yang jelas sih yang bakalan gue makan aja, kayak cabe, bayam, pak choi, kacang panjang, terong, tomat.”

Padma: “Ada beberapa hal sih yang mesti kamu perhatikan dulu, ra...”
Judul:
Cahaya dan Suhu yang Tepat

Teks:
Semua sayuran buah seperti tomat, cabe dan terong memerlukan cahaya setidaknya 6 jam setiap hari. Tapi mereka juga tidak suka tempat yang terlalu panas.

Jika kamu tinggal di tempat yang panas, beri pelindung untuk tanamanmu dengan paranet untuk mengurangi intensitas cahaya dan mengurangi stres tanaman.
Judul:
Pilih pot / wadah yang sesuai

Teks:
Pilih yang ukurannya cukup besar. Semakin banyak tanah yang bisa dimuat, semakin baik. Perhatikan juga jenis bahan yang digunakan, lubang drainase yang tersedia, dan kalau bisa, hindari yang berwarna hitam berdiameter kurang dari 30 cm.
Judul:
Jadwal penyiraman harus konsisten

Teks:
Sebagian besar tanaman sayuran memerlukan air yang banyak agar dapat menghasilkan sayuran yang renyah dan segar. Untuk itu, perhatikan dengan baik jadwal penyiraman. Kuncinya, buat tanah selalu lembap, bukan banjir.
Judul:
Tentukan akan menanam dari benih atau bibit

Teks:
Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Menanam dari benih tentu lebih murah, tapi tidak semua orang berhasil melakukannya. Ia perlu cahaya 12-16 jam per hari, dan sirkulasi udara yang sangat baik. 

Selain itu, kelembapan juga harus dijaga, jangan sampai tanahnya mengering, atau terlalu panas. Jika terlalu basah juga akan membuat benihnya mati.
Judul:
Gunakan campuran tanah yang berkualitas

Teks:
Untuk menanam sayuran, diperlukan tanah yang berkualitas. Ia harus gembur, kaya akan materi organik, dan bisa menahan kelembapan dengan baik serta tidak menggunakan tanah yang diambil dari halaman.
Judul:
Memberi “makan” sayuran dengan nutrisi terbaik

Teks:
Sayuran yang akan kita makan juga memerlukan makanan. Kamu bisa menambahkan pupuk NPK yang berbentuk serbuk atau granular. Selain itu, pupuk kandang dan kompos juga sekarang jadi favorit untuk para pekebun organik. 

Selalu perhatikan kondisi tanaman dari waktu ke waktu. Tambahkan pupuk sesuai tahapan pertumbuhan tanaman dan juga kebutuhannya.
Padma: “Udah dicatet kan, ra? Nanti di rumah dicek lagi, ya...”

Zahra: “Makasih banyaaaakk, Padmaaaa”

Zahra: “Faa, gue pesen bibit ke lo ya!”

Alfa: “Alright Bos! Beres pokoknya!”
Zahra: “Jadi sekarang kalian udah pada tau cara menanam sayuran di pot, kan?”

(ilustrasi)

Yuk, mari menanam!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *