Kategori
Komik

Ep. 03 – Pupuk AB-Mix untuk Hidroponik

Kenapa pupuk hidroponik berbeda dengan pupuk konvensional?

Kali ini, Pak Damar yang menjelaskan nutrisi hidroponik, soalnya Alfa tuh kumat sotoynya.

Episode 3 Komik Mari Menanam

Yang harus kamu tahu soal pupuk ABMix untuk hidroponik.

Kenapa ada dua macam, dan apa bedanya dengan pupuk NPK konvensional?
Oliver: “Fa, kenapa hidroponik mesti pakai dua macem pupuk?”

Alfa: “Kalo dicampur jadi satu nanti mengkristal, bro...”

Pak Damar: menghela nafas dan berkata, “Fa, ‘njelasinnya nggak setengah-setengah gitu dong...”

Alfa: “Pak Damar aja deh yang bantu jelasin ke Oliver! Ya ya ya?”

Pak Damar: “Ooo, lha bocah gemblung…”
Pak Damar: “Kamu sudah tahu ‘kan kalau hidroponik nggak pakai tanah, tapi pakai material lain?”

Oliver: “Tau sih, pak. Tanaman hidroponik cuma butuh media tanam yang bisa nahan bobotnya sampai siap panen.”

Pak Damar: “Nah, betol!”
Pak Damar: “Anggrek ini pakai sistem hidroponik, lho!”

Oliver: “Oh, gitu...” 

Judul:
Media Tanam Hidroponik Tidak Memiliki Unsur Hara

Teks:
Media tanam yang digunakan di hidroponik adalah material yang steril atau tidak mengandung unsur hara, tetapi memiliki properti yang bisa digunakan akar tanaman untuk menopang tubuhnya agar tumbuh tegap sampai waktu panen tiba.

Akar akan tumbuh di sela-sela media tanam dan mencari unsur hara yang diperlukannya. Karenanya, pehidroponik harus memberikan unsur hara ke tanaman melalui pupuk yang disebut sebagai nutrisi hidroponik atau AB-Mix.
Unsur hara apa saja yang diperlukan tanaman?

Unsur hara makro (pupuk A), yaitu unsur hara yang diperlukan dalam jumlah banyak dan wajib ada. 

Unsur hara mikro (pupuk B), yang dibutuhkan dalam jumlah kecil tapi juga wajib ada karena berperan pada proses fisiologis tanaman.
Pak Damar: “Nutrisi sayur harus lebih banyak N, ya...”

Alfa: “Oke, pak!”

Judul:
Bagaimana menghitung kadar nutrisi yang sesuai untuk tanaman?

Teks:
Fase tumbuh dan jenis tanaman yang berbeda punya kebutuhan unsur hara yang berbeda juga, dan harus dihitung secara cermat. Perhitungan ini sebenarnya tidak mudah. 
Makanya, pehidroponik pemula sebaiknya mengikuti resep yang sudah diberikan oleh penjual nutrisi hidroponik siap pakai, jadi tinggal disesuaikan dengan kebutuhan di sistem yang digunakan. Di pasaran biasa disebut sebagai pupuk ABMix.
Judul:
Nutrisi ABMix siap pakai di pasaran ada 2 bentuk

Sub-judul:
Mesti pilih yang mana?

Nutrisi serbuk yang harus dijadikan pekatan terpisah terlebih dulu, baru diencerkan saat akan dipakai.

Nutrisi pekat yang bisa langsung diencerkan dan dicampur sesuai kebutuhan tanaman.
Kenapa pekatan ABMix tidak boleh dicampur?

Jika kation Ca dalam pekatan A bertemu dengan anion sulfat dalam pekatan B, akan menimbulkan endapan kalsium sulfat (CaSO4) yang tidak bisa diserap oleh akar, dan tanaman akan menunjukkan gejala defisiensi kalsium (Ca) dan belerang (S).

Jika kation Ca dalam pekatan A bertemu dengan anion fosfat dalam pekatan B, akan menimbulkan endapan ferri fosfat yang tidak bisa diserap oleh akar, dan tanaman akan menunjukkan gejala defisiensi zat besi (Fe).
Judul:
Rantai Nutrisi Ideal untuk Tanaman yang perlu kamu tahu…

Pada hakikatnya, tanaman hanya membutuhkan Oksigen (O2), Karbondioksida (CO2), Air (H20), Cahaya, unsur hara makro, dan unsur hara mikro.
Alfa: “Jadi lo udah pada paham soal nutrisi hidroponik, kan?”

Oliver: “Jangan lupa bagikan ke temen-temen kamu, ya!”

(ilustrasi)

Yuk, mari menanam!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *