Kategori
Komik

Ep. 19 – Kurangi Plastik Sekali Pakai, Yuk!

Alfa menerapkan aturan pengurangan penggunaan plastik di Canopia, salah satunya dengan mengganti tatakan gelas dengan bahan rajutan kain perca. Nah, ia juga menerapkan aturan lainnya yang bisa temenanem pakai juga di rumah atau usaha kalian!

Episode 19 - Komik Mari Menanam: Kurangi Plastik Sekali Pakai, Yuk!
Episode 19 - Kurangi Plastik Sekali Pakai, Yuk!

Bu Riri:
Ini tatakan gelas merajut sendiri, Fa?

Alfa:
Buatan teman, bu. Soalnya aku menerapkan aturan less plastic disini.
Bu Riri:
Ohya? Bagus dong! Kebijakannya seperti apa, tuh?

Alfa:
Seperti ini, bu...
Episode 19 - Kurangi Plastik Sekali Pakai, Yuk!

Pakai Alat Makan & Minum yang Tahan Lama

Ganti semua peralatan makan dan minum ke peralatan yang lebih tahan lama, misalnya piring, mangkuk dan cangkir keramik. Sendok, garpu, pisau makan, dan sedotan juga diganti dengan bahan stainless steel atau bambu.

Investasi awalnya memang lebih besar. Tapi bahan-bahan ini bisa digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama, dan bisa dijual kembali asalkan kondisinya terjaga dengan baik.
Episode 19 - Kurangi Plastik Sekali Pakai, Yuk!

Ganti kemasan dengan yang bisa dipakai ulang

Mengganti gelas plastik kopi jadi botol kaca, menggunakan sedotan kertas dan kantong berbahan dasar singkong yang bisa dikompos. Kotak makanan menggunakan kemasan berbahan bagasse atau residu berserat kering yang tersisa dari tebu.

Dengan begitu, pelanggan bisa membuang kemasan ke tempat pengomposan, dan menggunakan botolnya kembali setelah dicuci.
Episode 19 - Kurangi Plastik Sekali Pakai, Yuk!

Bu Riri:
Wah, bagus banget, Alfa! Pelan-pelan mulai mengurangi sampah, ya…

Alfa:
Hehe… Makasih, bu! Pas banget nih, Bu Riri abis ngajar cara bikin prakarya daur ulang, aku jadi pengen diajarin juga buat ngolah sampah!

Bu Riri:
Hayuk aja! Mau mulai kapan? Ajak teman-teman juga, ya!
Episode 19 - Kurangi Plastik Sekali Pakai, Yuk!

Bu Riri dan Alfa:
Mari kurangi plastik sekali pakai mulai dari sekarang juga!

Ikuti kisah kami, dan yuk, mari menanam!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *