Kategori
Komik

Ep. 16 – Penyebab Utama Tanaman Menjadi Sakit

Dengan mengetahui masalah apa saja yang bisa terjadi pada tanaman, kamu bisa mengurangi resiko terjadinya. Selain itu, kamu juga bisa memperkuat bagian mana yang berpotensi terserang.

Episode 16 - Komik Mari Menanam
Episode 16 Komik Mari Menanam - Penyebab Tanaman Menjadi Sakit

Oliver bertanya pada Padma, apa saja penyebab tanaman sakit atau terkena masalah
Judul:
Cuaca Ekstrim (Embun Beku & Gelombang Panas)

Teks:
Cuaca yang berubah dengan sangat cepat dalam waktu singkat seperti gelombang panas ataupun embun beku bisa menyebabkan masalah yang serius dan kondisi kritis pada tanaman; termasuk yang kokoh sekalipun.
Saat tanah membeku atau suhu terlalu panas, air di dalam tanah tidak bisa diakses oleh akar tanaman. Jika hanya terjadi sekitar 1 jam, tanaman mungkin masih bisa selamat. Tapi jika sampai 4 jam lebih, biasanya tidak tertolong.
Judul:
Tanah Tergenang / Banjir dan Kekeringan 

Teks:
Tanah yang tergenang air akan menyebabkan tanaman “sesak nafas” karena tidak dapat menyerap Oksigen. Karena itu, hati-hati jangan sampai menyiram air berlebihan.
Kekeringan biasa terjadi di musim panas/kemarau, saat suhu dan intensitas cahaya matahari mencapai angka tertinggi. Tanaman yang kekurangan air akan terganggu fungsi kerjanya secara drastis, dan kemudian mati kering karena sel-selnya rusak.
Judul:
Angin Kencang

Teks:
Dampak yang ditimbulkan angin ke tanaman sebenarnya bisa terlihat dengan cukup mudah, terutama pada tumbuhan berkayu dan bersemak-belukar.
Angin juga akan memperburuk kondisi yang terjadi saat cuaca ekstrim dan kekeringan terjadi. Semakin kencang tiupannya, dampak ke tanaman akan semakin serius. Karenanya, siapkan pelindung yang cukup kuat untuk membantu tanaman bertahan.
Judul:
Nutrisi atau Cahaya Tidak Seimbang

Teks:
Gejala nutrisi yang kurang atau berlebih mudah terlihat di daun, walaupun masalah bisa saja muncul di bagian lain. Untuk tahu penyebabnya, perlu dilakukan pengujian tanah atau media tanamnya.

Pada tanaman yang kekurangan cahaya, tubuhnya akan berbentuk tidak normal dan mengalami etiolasi. Jika ia kelebihan cahaya, daun akan menunjukkan tanda-tanda terbakar/gosong.
Judul:
Polusi Tanah

Teks:
Gejala yang umum ditemukan misalnya ujung dan tepian daun berubah coklat, warna daun memucat, daun rontok secara prematur, dan pertumbuhan terhambat (stunted).
Dan polusi tanah yang biasa terjadi disebabkan karena pH yang ekstrim dan keracunan garam mineral, bahan kimia atau residu pestisida / fungisida. Walaupun jarang terjadi, tapi jika segera diketahui, tanaman masih bisa diselamatkan.
Judul:
Hama & Penyakit

Teks:
Serangan hama/penyakit pada taraf minim masih bisa dianggap normal, termasuk pada tanaman yang sehat. Makanya, tanaman yang sehat akan lebih resisten terhadap serangan yang serius.
Dan cara terbaik untuk mengontrol hama dan penyakit adalah melalui pencegahan. Kamu mesti bisa mengenali berbagai jenis hama dan penyakit, agar masalah yang lebih serius bisa dihindari. Jika perlu, beri pertolongan pertama sesegera mungkin agar masalah tidak meluas.
Episode 16 Komik Mari Menanam - Penyebab Tanaman Menjadi Sakit

Dalam kasus Tomat milik Oliver, mungkin yang terjadi adalah kombinasi beberapa masalah sekaligus, sehingga memerlukan identifikasi dan pemecahan masalah tanaman secara bertahap.
Episode 16 Komik Mari Menanam - Penyebab Tanaman Menjadi Sakit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *