Kategori
Komik

Ep. 12 – Tanaman Pangan yang Bisa Ditanam di Apartemen

Tinggal di apartemen bukan halangan untuk berkebun. Selain tanaman hias, sebenarnya temenanem juga bisa menanam berbagai tanaman pangan, lho!

Episode 12 Komik Mari Menanam
Padma:
Yeay, bungkus kadonya udah kelar!

Alfa:
Thank you, Ma… Cakep deh hasilnya!

Zahra:
neomu gwiyeobda!
Zahra:
Selain tanaman hias, apalagi sih yang bisa ditanam di apartemen? 

Padma:
Kamu bisa menanam sayur dan herba juga, lho…

Alfa:
Mo nanem tomat dan cabe juga bisa!
Judul:
Perhitungkan Ukuran dan Jenis Tanaman

Teks:
Walaupun ada beberapa pohon buah yang bisa ditanam di pot, tapi kamu juga mesti perhatikan ukurannya. Ada beberapa jenis tanaman yang nggak mungkin ditanam di apartemen, misalnya pohon Durian atau Nangka. Kalaupun bisa, buahnya tidak akan besar, karena pohonnya juga tidak akan sebesar jika ditanam di daratan.

Selain itu, tentukan juga tanaman apa yang ingin kamu makan. Kalau kamu suka jus sayuran, mungkin sebaiknya menanam Kale dan Bayam saja daripada Cabai.
Judul:
Herba atau Tanaman Bumbu dan Obat

Teks:
Beberapa herba atau tanaman bumbu bisa ditanam di apartemen untuk dikonsumsi, dengan cara ditanam di pot. Misalnya seperti Mint, Basil / Kemangi, Daun Kucai, Parsley, Rosemary dan Thyme.

Ukurannya mungkin memang tidak akan sebesar jika ditanam di daratan, dan kurang rimbun. Dan karena ditanam untuk dimakan, maka besar kemungkinan kamu harus sering mengganti tanaman lama dengan yang baru, karena cepat habis.
Judul:
Sayuran Daun atau Hijau

Teks:
Jenis tanaman ini mudah ditanam di apartemen, baik itu menggunakan media tanah (organik) ataupun air (hidroponik / aquaponik). Mereka juga tumbuh dengan cukup cepat. Jika kamu disiplin menjadwalkan siklus tanamnya, kamu bisa panen sayur setidaknya 2 kali seminggu, lho! 

Kalau ingin lebih cepat panen, kamu bisa mencoba microgreens yang bisa ditanam dalam seminggu saja, jadi setiap hari kamu bisa panen, deh! Microgreens juga kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh.
Judul:
Tanaman Buah Berusia Pendek

Teks:
Tomat dan Cabai adalah dua jenis tanaman yang sering ditanam di balkon apartemen karena penikmatnya sangat banyak. Khusus untuk Tomat, kamu bisa pilih jenis yang tidak merambat / determinate / patio.

Stroberi juga bisa ditanam di balkon apartemen. Ada jenis stroberi yang bisa ditumbuhkan di dataran rendah dan menghasilkan buah yang cukup manis, asalkan kebutuhan air dan cahaya nya yang cukup banyak bisa terpenuhi.
Zahra:
Wuaahhh, banyak juga yang bisa ditanem di apartemen, ya?

Padma:
He em, betul banget!

Alfa:
Prinsipnya sama kayak kalo nanem di lahan sempit, Ra. Entar kapan-kapan dibahas, ya.
Padma:
Udah hampir jam 5 nih! Jadi ke apartemennya Oliver, gak?

Zahra:
Ayoook, pake mobil Alfa aja!

Alfa:
Beliin pertam*x, ya! 

Zahra:
Haish! (menoleh ke Alfa)
Alfa:
Kamu punya pertanyaan seputar berkebun di apartemen?

Padma:
Tulis di bagian komentar, ya!

Zahra:
(hanya melambaikan tangan)

Ikuti kisah kami, dan yuk, mari menanam!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *