Kategori
Komik

Ep. 11 – Tips Menanam di Apartemen

Banyak temenanem yang tanya “apa aja yang perlu diperhatikan kalau ingin berkebun di apartemen?”

Sebenarnya nggak susah, lho! Kali ini Alfa, Padma dan Zahra berdiskusi apa saja hal-hal yang harus diperhatikan saat merencanakan berkebun di apartemen.

Episode 11 Komik Mari Menanam
Alfa:
Oliver ngundang kita ke apartemen barunya buat housewarming, lho!

Zahra:
Wogh! Kok lo tau? Emang kapan acaranya?

Padma:
Wah, asyik! 

Alfa:
Ntar sore… Kemarin dia kesini, borong tanaman hias.

Zahra:
Hmmm… Kalo nanem di dalam apartemen gitu susah gak sih?

Padma:
Asal tahu syarat dasarnya, kamu pasti bisa! Misalnya...
Judul:
Cari Tahu Arah Cahaya yang Diterima

Teks:
Tanaman yang ditanam di apartemen lebih banyak menerima cahaya tidak langsung daripada cahaya langsung. Jika apartemenmu memiliki jendela yang menghadap ke arah timur atau barat atau balkon, maka kamu beruntung bisa mendapatkan cahaya matahari yang cukup.

Tapi jika kamu tidak memiliki balkon atau jendela seperti diatas, maka kamu mesti menambahkan lampu tanam agar tanaman tetap bisa tumbuh dengan sehat dan tegap.
Judul:
Gunakan Campuran Tanah Khusus Tanaman Hias

Teks:
Kamu tentu tidak bisa menggunakan tanah yang ada di taman, misalnya, untuk menanam tanaman di apartemen. Selain tidak steril dan bisa membawa patogen berbahaya, tanah seperti itu biasanya terlalu padat dan miskin udara serta materi organik.

Gunakanlah tanah atau media tanam yang gembur, ringan dan steril yang sudah diformulasikan khusus untuk tanaman hias. Dan media tanam seperti ini juga steril, jadi aman untuk dipakai di apartemen.
Judul:
Air dan Kelembaban Udara

Teks:
Tanah pada tanaman di pot lebih cepat kering. Jadi pilihlah tempat menanam yang punya akses mudah ke sumber air. Kalau memungkinkan, belilah selang gulung berukuran kecil yang bisa dipasang ke kran dapur/kamar mandi.

Kelembaban udara di apartemen biasanya rendah. Oleh karena itu, tempatkanlah wadah berisi air yang bisa membantu meningkatkan kelembaban. Atau, kamu juga bisa menggunakan metode bottom watering, jadi sekalian menyiram deh!
Judul:
Kekuatan Angin di Balkon

Teks:
Jika kamu menanam di balkon yang mudah dilewati angin kencang, kamu bisa memasang pelindung seperti tirai atau payung balkon berwarna terang. Dengan begitu, tanamanmu tidak mudah stres karena tertiup angin, tidak mudah sobek daunnya atau terguling dari pot.

Kamu juga bisa menggunakan pot berbahan sedikit lebih berat, atau desain pot yang tidak mudah terguling. Bukan cuma angin, tapi manusia atau hewan peliharaan juga bisa tidak sengaja menyenggolnya.
Judul:
Hitung Berat Beban

Teks:
Pot berisi tanah dan tanaman tentu akan jadi semakin berat. Tekstur tanah juga akan semakin memadat setelah sering disiram air. Kalau kamu menanam di balkon, pastikan ia sanggup menopang bobot tanaman. Hindari juga menggunakan pot yang terlalu besar.

Kalau memungkinkan, konsultasikan dengan pengelola gedung atau pemilik apartemen. Jangan sampai terjadi kecelakaan karena balkon roboh akibat terlalu banyak tanaman.
Zahra:
Okeee, paham! Kebutuhan dasarnya sama aja, tapi ada tambahannya.

Padma:
Bener banget! (sambil mengacungkan jempol)

Alfa:
Jadi kita mo ngasih hadiah housewarming apa ke Oliver?
Padma:
Gimana kalo bunga hidup?

Zahra:
Tambahin tea set, gimana?

Alfa:
Gue bonusin Silver Needle tea favorit dia juga, deh!
Alfa:
Jenis tanaman apa aja yang bisa ditanam di apartemen,

Zahra:
akan kami bahas di episode minggu depan, ya!

Ikuti kisah kami, dan yuk, mari menanam!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *